Senin, 16 Februari 2009

Farah Alviah Yuliani(14)

Nama : Farah Alviah Yuliani
No Urut : 14
SKL : Mendeskripsikan system pencernaan pada manusia dan identifikasi gangguannya

RANGKUMAN…
• Makanan sehat adalah makanan yang higienis dan mengandung gizi dalam jumlah seimbang. Makanan sehat mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin mineral, dan air.
• Makanan berfungsi sebagai penyedia bahan bakar (sumber energi), sebagai pembangun tubuh, dan sebagai pelindung serta pertahanan tibuh.
• Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi, mengatur proses metabolisme, menjaga keseimbangan asam dan basa, serta bahan pembentuk struktur sel, jaringan, dan organ tubuh.
• Lemak berfungsi sebagai pembawa zat-zat makanan yang esensial, sumber energi, pelindung alat-alat tubuh yang lunak, melindungi tubuh dari suhu yang rendah, dan sebagai bahan penyusun membran sel, serta penahan rasa lapar.
• Protein berfungsi sebagai zat pembangun dan pelindung tubuh, mensitesis substansi penting (seperti hormon, enzim, antibodi, dan kromosom), pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan struktur tubuh mulai tingkat sel, jaringan, dan organ, memacu reaksi kimia, menyediakan energi serta mendetoksifikasi zat-zat asing.
• Mineral dibagi dua, yaitu unsur makro (makroelemen) yang merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan dalam jumlah banyak dan unsur mikro (mikroelemen) yang merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit.
• Menurut sifat kelarutannya, vitamin dibagi menjadi dua golongan, yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K).
• Air dalam tubuh berfungsi sebagai pelarut beberapa jenis bahan makanan dan vitamin, menjaga tekanan osmotik dalam sel. Mengkut makanan ke jaringan tubuh,mengangkut sisa metabolism ke luar tubuh, sebagai medium berbagai reaksi kimia, serta menjaga keseimbangan suhu tubuh.
• Zat pewarna, penyedap, dan pengawet makanan dikelompokan sebagai zat aditif (zat tambahan). Zat aditif tersebut ada yang alami dan ada yang buatan (sintetik). Zat pewarna, penyedap, dan pengawet alami umumnya tidak mengganggu kesehatan, sedangkan yang buatan dapat mengganggu kesehatan.
• Proses pencernaan terjadi secara mekanik oleh gigi dan secara kimiawi oleh enzim pada saluran pencernaan.
• Alat pencernaan manusia terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan pada manusia terdiri dari mulut, tekak(faring), kerongkongan (esofagus), lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Kelenjar pencernaan yaitu hati dan pankreas.
• Meskipun bukan salah satu organ pencernaan, tetapi hati mensekresikan empedu yang memegang peran penting dalam pencernaan lemak. Selain itu, hati berperan dalam metabolisme karbohidrat, lemak, protein, dan menyimpan protein tertentu.
• Gangguan pada sistem pencernaan pada manusia misalnya gastritis, konstipasi, pankreasitis, diare, apendisitis, malnutrisi, sembelit, hemoroid, dan flatus.

SOAL SERTA PEMBAHASAN JAWABAN…
1. Hormon-hormon yang merangsang fungsi pankreas, hati, kantung empedu dan dinding usus halus dihasilkan oleh…….

A.usus 12 jari
B.lambung
C.usus besar
D.kolon
E.esofagus

JAWABAN:A
Hormon-hormon yang merangsang fungsi pankreas, hati, kantung empedu dan dinding usus halus dihasilkan oleh tunika mukosa atau usus 12 jari.

2. 1)Laktase 4)Maltase
2)Eripsin 3)Lipase
Manakah yang termasuk enzim yang dihasilkan oleh Usus halus?
A.1,2,3
B.1,3
C.2,4
D.4
E.1,2,3,4

JAWABAN:E
yang dihasilkan oleh Usus halus diantaranya Enterokinase, Laktase, Eripsin, Maltase, Disakarase, Nukleotidase, Nukleosidase, Peptidase, Sukrose, Lipase.

3.Fungsi empedu adalah menyederhanakan molekul lemak dan memberi warna pada feses.
SEBAB
Pengeluaran cairan empedu dipengaruhi oleh kolesitokinin.

JAWABAN:B
Pernyataan dan alasan benar,tetapi tidak saling berhubungan.

4.Pankreas merupakan kelenjar yang bersifat endokrin dan eksokrin.
SEBAB
Bersifat endokrin karena menghasilkan enzim pencernaan.
JAWABAN:C
Bersifat endokrin karena dari pulau Langherhans dihasilkan hormon insulin dan hormon glukagon.Bersifat eksokrin karena menghasilkan enzim pencernaan.

5.Enzim yang berfungsi untuk menghidrolisis pati menjadi maltosa dan glukosa adalah amilase yang dihasilkan pada….

A.lambung
B.usus 12 jari
C.hati
D.lidah
E.kelenjar parotis,submandibularis,dansublimualis.

JAWABAN:E
Enzim yang berfungsi untuk menghidrolisis pati menjadi maltosa dan glukosa adalah amilase yang dihasilkan pada kelenjar ludah (parotis,submandibularis,dansublimualis)

6. Makanan yang masuk kedalam lambung akan dicerna secara kimiawi oleh getah lambung yang sebagian besar terdiri dari air, HCl dan inzim pepsin, rennin dan lipase.
SEBAB
Ketika makanan menyentuh dinding lambung, dinding lambung akan mengeluarkan hormon gastrin yang memacu sekresi getah lambung
JAWABAN:A
Makanan yang masuk kedalam lambung akan menyentuh dinding lambung dan dinding lambung akan mengeluarkan hormon gastrin. Hormon gastrin terbawa aliran darah dan merangsang dinding lambung untuk menghasilkan asam lambung (HCl).

7. Pencernaan lemak tidak terjadi di dalam mulut
SEBAB
Lemak memiliki kandungan kalorI sekitar 9.3 kalori

JAWABAN:B
Pencernaan lemak tidak terjadi dalam mulut dan lambung karena di tempat tersebut tidak terdapat enzim lipase yang dapat menghidrolisis atau memecah lemak. Pencernaan lemak terjadi di dalam usus karena usus mengandung lipase.

8. Enzim yang berfungsi menghidrolisis pati menjadi maltosa dan gugus glukosa kecil dan dihasilkan oleh kelenjar parotis di dalam mulut adalah…

A. renin
B. arginase
C. ptialin
D. lipase
E. pepsin

JAWABAN:C

9. Asam amino yang diperlukan tubuh ada 20 macam. Sepuluh diantaranya sangat penting untuk pertumbuhan manusia dan tidak dapat dibuat di dalam tubuh, sehingga harus di dapat dari luar tubuh, asam amino itu disebut...

A. asam amino non-esensial
B. asam amino esensial
C. asam amino tidak esensial
D. protein nabati
E. protein hewani

JAWABAN:B
Asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus didapat dari luar tubuh disebut asam amino esensial, sedangkan asam amino yang dapat dibuat di dalam tubuh manusia adalah asam amino non-esensial.

10. Pencernaan yang dilakukan oleh gigi di dalam mulut dengan tanpa melibatkan enzim disebut…

A. pencernaan biologis
B. pencernaan kimiawi
C. pencernaan secara sadar
D pencernaan mekanik.
E. pencernaan fisika

JAWABAN:D
Pencernaan yang dilakukan oleh gigi di dalam mulut dengan tanpa melibatkan enzim disebut pencernaan mekanik, sedangkan pencernaan yang melibatkan enzim disebut pencernaan kimiawi.

11. Dibawah ini merupakan zat-zat yang terkandung di dalam getah pankreas
1. natrium bikarbonat
2. amilase
3. peptidase
4. enterokinase

JAWABAN : A (1,2,3)
Natrium bikarbonat, amIlase, dan peptidase adalah zat - zat yang terkandung di dalam getah pankreas, sedangkan enterokinase adalah enzim yang dihasilkan oleh dinding usus.

12. Klep pada lambung yang berbatasan dengan kerongkongan disebut…
A. fundus
B. pilorus
C. sfingter pilorus
D. kardiak
E. sfingter esofageal

JAWABAN :E
Sfinger esofageal adalaha klep pada lambung yang berbatasan dengan kerongkongan dan berfungsi untuk menjaga makanan agar tetap di dalam lambung dan hanya akan terbuka saat makanan masuk atau pada saat muntah.

13. Pada proses pencernaan, penyerapan dan penambahan air agar feses tidak terlalu cair atau terlalu padat terjadi di…
A. rektum
B. usus besar
C. pankreas
D. lambung
E. mulut

JAWABAN:B
Makanan yang msuk ke usus besar merupakan sisa penyerapan dari usus halus, namun kandungan airnya masih cukup tinggi, jika makan mengandung kadar air yang tinggi, usus besar akan menyerapnya, akan tetapi, jika sisa makanan mengandung sedikit air, usus besar akan menambahkan air.

14. Gangguan pada sistem pencernaan manusia dimana pergerakan feses melalui usus besar lambat, feses kering dan keras pada kolon menumpuk karena lamanya waktu penyerapan air disebut…
A. Pankreasitis
B. gastritis
C. konstipasi
D. flatus
E.diare

JAWABAN :C
Penyebab konstipasi adalah kebiasaan buang air yang tidak teratur dan kurangnya makan makanan yang berserat, sehingga feses kering, keras da pada kolon menumpuk karena lamanya penyerapan air.

15. Infeksi paling luas pada penderita diare terjadi pada…
A. pankreas
B. hati
C. kerongkongan
D. lambung
E. usus besar

JAWABAN: E
Pada diare, infeksi paling luas terjadi pada usus besar, hal itu terjadi akibat pergerakan yang sangat cepat dari materi tinja sepanjang usus besar.

1 komentar:

idris nggolitu mengatakan...

minta soal khusus sisitem pencernaan pada manusia dan gangunya