Jumat, 20 Februari 2009

armanda chandra (07)

NAMA :ARMANDA CHANDRA
KELAS :X11 IPA 6
SKL :MENDESKRIPSIKAN KOMPONEN EKOSISTEM,ALIRAN ENERGI, ATAU DAUR BIOGEOKIMIA



EKOSISTEM

Ekosistem menunjukan adanya saling interaksi dan ketergantungan antara makhluk hidup (komponen biotik) dan lingkungannya (komponen abiotik). Komponen biotik mencakup individu, populasi, dan komunitas makhluk hidup. Faktor abiotik antara lain suhu, sinar matahari, air, tanah, air, ketinggian, dan garis lintang. Cabang biologi yang mempelejari seluk beluk ekosistem adalah ekologi.
Pola-pola interaksi dalam ekosistem merupakan faktor biotik dan abiotik melalui rantai makanan, aliran energi, dan daur biogeokimiayang berlangsung pada tingkat individu, populasi, dan komunitas.
Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi lain, dimulai dari sinar matahari, produsen, konsumen, primer sanpai konsumen tingkat tinggi hingga ke detritivor, dan dekomposer. Pemindahan dan perubahan energi berlangsung di dalam rantai makanan atau jaring-jaring makanan.
Daur biogeokimia adalah daur unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke abiotik. Daur biogeokimia antara lain daur karbon, nitrogen, sulfur, dan fosfor.
Proses alami serta kegiatan manusia dapat mengubah keseimbangan alam. Kerusakan lingkungan dapat menurunkan kualitas lingkungan. Pencemaran lingkungan ataw polusi disebabkan oleh bahan pencemar (polutan) yang berasal dari beberapa sumber. Menurut sumbernya, polutan dapat berasal dari buangan limbah industri, sampah organik, limbah rumah tangga, limbah pertanian, dan limbah reaktor niklir. Menurut tempatnya, polusi dapat digolongkan menjadi polusi udara, tanah, air, dan suara. Menurut jenis bahan pencemarnya, pencemaran dibedakan menjadi pencemaran kimiawi, biologi, fisik.
Limbah merupakan sumber daya alam yang teleh kehilangan fungsinya dan berpotensi menjadi polutan. Penanganan limbah antar lain pemanfaatan kembali, daur ulang, dan penimbunan atau penbakaran

SOAL-SOAL DAN JAWABAN


1. Manusia memiliki kelebihan dibanding organisme lain sehingga manusia dapat secara optimal mengembangkan lingkungan melalui pengembangan. . . .
Ilmu dan teknologi
2. Setiap hari, hutan kita dijarah. Tidak mengherankan udara semakin terasa panas. Oleh karena itu, . . . .
Kita turut melakukan garakan penghijauan minimal di halaman rumah dan sekolah
3. Wujud kepedulian kita terhadap keadaan lingkungan di sekitar tempat tinggal berupa . . . .
Sikap hemat energi dan tidak berlaku konsumtif
4. Proses berikut dapat mengurangi jumlah limbah padat, kecuali . . . .
Ditimbun dalam lubang
5. Sikap kita saat mendengar berita saudara kita terlanda bencana, padahal kita berada jauh dari lokasi adalah . . . .
Mengumpulkan bahan-bahan bantuan untuk segera diserahkan pada badan-badan yang menanganinya
6. Jabatan fungsional organisme dalam komunitasnya disebut . . . .
Relung
7. Proses penyusunan HNO2 dari NH3 merupakan bagian proses
Denitrifikasi
8. Masuknya polutan dalam lingkungan akan menjadikan lingkungan . . . .
Berkurang daya dukungnya
9. Semakin menurunnya daya dukung lingkungan juga disebabkan karena penaruh aktivitas manusia. Menyadari hal itu, semestinya kita . . . .
Menanam tanaman hijau di lahan sekitar rumah untuk mengurangi polusi
10. Apabila kita telah menyadari adanya pengaruh negatif pencemaran, tindakan yang tepat kita lakukan terhadap timbunan sampah yang ada di sekitar kita adalah . . . .
Membakar agar segara bersih
11. Di sudut perempatan jalan terlihat seonggok sampah yang telah terkumpul, namun belum sempat terangkut oleh petugas kebersihan. Langkah yang sebaiknya kita lakukan adalah . . . .
Mencari petugas kebersihan setempat
12. Organisme yang sering berperan sebagai parameter pencemaran adalah . . . .
Spirogyra
13. Hewan berikut yang mempunyai tingkat profik tertinggi adalah . . . .
Burung elang
14. Gas berikut yang memiliki daya afinitas yang tinggi terhadap hemoglobin yang dapat menyebabkan keracunan adalah . . . .
Karbon monoksida
15. Piramida ekologi yang tidak pernah ditemukan dalam keadaan terbalik adalah . . . .
Piramida energi

Tidak ada komentar: